Minggu, 26 Agustus 2012

Mobile Suit Gundam F91


Cerita

Setelah apa yang terjadi di seri Char’s Counterattack sekitar 30 tahun yang lalu, umat manusia bisa hidup dalam keadaan yang damai. Namun karena jumlah manusia yang semakin banyak, Federasi Bumi memutuskan untuk membangun lebih banyak koloni di luar angkasa. Hal inilah yang memicu sebuah gerakan militer yang bernama Crossbone Vanguard untuk menguasai koloni-koloni tersebut dan menjadikannya sebuah kerajaan luar angkasa yang bernama “Cosmo Babylonia”. Akibat keadaan ini, seorang pemuda biasa yang bernama Seabook Arno harus berjuang melindungi keluarga dan orang-orang yang disayanginya dari ancaman Crossbone Vanguard, dengan mengendarai sebuah Mobile Suit baru yang dikembangkan oleh ibunya, Gundam Formula 91.

[sunting]Penokohan

Seorang Pemuda dari koloni Frontier IV, yang mendadak menjadi pilot Gundam F91 setelah Crossbone Vanguard datang menyerang. Hubungan keluarganya tidak harmonis, terutama terhadap ibunya, Dr. Monica Arno, karena ia merasa bahwa dia telah menelantarkan keluarganya demi pengembangan Mobile Suit. Ia mempunyai seorang kekasih bernama Cecily Fairchild yang tinggal di sebelah rumahnya.
Anak angkat Theo Fairchild dan kekasih Seabook Arno ini mempunya nama asli Berah Ronah. Ia sebenarnya adalah putri dari Carozzo Ronah, yang menjadikannya sebagai orang penting dalam Crossbone Vanguard. Awalnya ia menolak ikut ke dalam CV, namun ia dipaksa oleh kakeknya agar menjadi penerus CV yang kemudian memerintahkan agar menculiknya. Namun di akhir cerita ia bertempur bersama Seabook untuk melawan ayahnya.
Ayah kandung dari Cecily Fairchild. Sebelum menjadi tentara, ia adalah seorang ilmuwan yang cukup ternama. Namun karena kesibukannya, istrinya meninggalkannya. Hal inilah yang membuatnya memakai topeng besi demi menutupi masa lalunya yang kelam. Selain itu, ia mengubah dirinya sendiri menjadi seorang “Newtype” buatan (Artificial Newtype), dan mengalami perubahan sikap yang cukup drastis.
Kakek dari Berah Ronah sekaligus pimpinan tertinggi Crossbone Vanguard. Ia menginginkan Berah untuk menjadi “simbol” dalam kerajaan “Cosmo Babylonia”, mengantikan menantu sekaligus Ibu Berah, Nadia Ronah, yang melarikan diri darinya. Ia tewas setelah ditembak oleh anaknya, Carozzo.
Kakak angkat dari Berah Ronah. Ia adalah seorang prajurit perang yang cukup disegani di CV berkat kemampuan dan usaha kerasnya. Namun sikapnya dingin terhadap Berah dan juga sering terlalu gegabah jika berada di medan perang. Ia tewas ketika melawan F91.
Seorang Ace Pilot dari sebuah pasukan elit di CV yang bernama “Black Vanguard”. Meksipun masih berumur cukup muda, namun ia telah menjadi perwira tinggi di CV, dan membuatnya cukup disegani bawahannya. Ia memiliki kemampuan yang cukup tinggi dalam mengendarai MS dan juga ahli dalam strategi.
Bawahan langsung Zabine Chareux, yang juga menaruh perasaan terhadapnya. Namun hal itu berubah menjadi kecemburuan setelah Berah Ronah datang, yang menyebabkan perhatian Zabine menjadi lebih berkurang terhadapnya. Ia pun sampai membelot ke Space Ark dan membantu Seabook dkk dalam melawan CV.
Ayah angkat dari Berah Ronah. Dialah yang membantu menyembunyikan Berah dari CV, dengan mengangkatnya sebagai anak dan memberikan nama “Cecily Fairchild”. Namun ketika CV menyerang, dia mengkhianatinya dan membujuk agar Cecily bergabung dengan CV. Dia mempunyai sebuah toko roti yang terletak di sebelah rumah Seabook Arno.
Kapten kapal Space Ark. Awalnya ia tidak menduga serangan yang dilancarkan CV, dan merasa tidak siap untuk menjadi kapen kapal. Namun ia pun bertekad untuk berusaha sebaik mungkin, dan membantu mengungsikan penduduk koloni Frontier I dengan Space Ark. Dialah yang menamai Mobile Suit F91 dengan “Gundam”, karena MS itu mengingatkan kepada MS legendaris yang muncul beberapa dekade yang lalu.
Seorang mantan tentara Federasi Bumi yang berpangkat kolonel. Ia adalah pemimpin perlawanan penduduk sipil melawan CV. Karena keadaan darurat, ia mengubah kapal Space Ark dari kapal untuk pelatihan menjadi markas gerakan perlawanan. Sikapnya yang arogan membuatnya agak kurang disukai oleh kru Space Ark.
Seorang kadet pilot Mobile Suit dari tentara Federasi Bumi. Karena serangan CV yang terjadi secara mendadak, hanya sedikit orang yang mampu mengendalikan Mobile Suit, termasuk Birgit. Ia juga memberi dukungan kepada Seabook dalam perjuangannya melindungi Space Ark, meski sikapnya sedikit kasar.
Ibu dari Seabook dan Reese, dan perancang Mobile Suit terbaru Federasi Bumi juga sistem Bio-Computer. Karena terlalu fokus terhadap pekerjaannya, ia pun melantarkan keluarganya. Namun bukan berarti ia tidak sayang terhadap mereka. Ia pun tidak menyangka bahwa hasil kerjanya, Gundam Formula 91 akan dikendarai oleh anaknya sendiri.
Ayah dari Seabook dan Reese Arno. Ia adalah seorang peneliti yang juga ikut membantu pengembangan Gundam F91. Namun ia memutuskan untuk keluar dari proyek itu, dan menjadi seorang mekanik di koloni Frontier IV agar bisa lebih dekat dengan keluarganya. Ia tewas melindungi kedua anak yang dicintainya pada serangan CV terhadap koloni mereka.
Adik kandung dari Seabook Arno. Ia adalah gadis yang periang dan manja. Namun setelah serangan CV melanda koloninya, ia pun berubah menjadi lebih tegar. Ia sering membantu para awak Space Ark seperti mengantarkan makanan dan mencuci pakaian mereka.

Daftar Mobile Suit/Armor yang muncul dalam serial ini

  • RXR-44 (F50D, RX-107) Guntank R-44
  • F71 G-Cannon
  • F91 Gundam Formula 91
  • RGM-89M Jegan B-Type
  • RGM-89R Jegan A-Type
  • RGM-109 Heavygun
  • XM-01 Den'an Zon
  • XM-02 Den'an Gei
  • XM-03 Ebirhu-S
  • XM-04 Berga Dalas
  • XM-05 Berga Giros
  • XM-05B Berga Balus
  • XM-06 Dahgi Iris
  • XM-07 Vigna Ghina
  • XM-07G Vigna Zirah
  • XMA-01 Rafflesia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar