Sabtu, 15 September 2012

Latihan Menggambar dengan Teknik Pointilis


Teknik yang diterapkan adalah teknik men-titik-titik atau lebih dikenal dengan teknik pointilis. Jadi, jika biasanya siswa menggunakan arsir atau gabungan garis-gemaris, ada juga yang menggunakan dusel dalam menciptakan ilusi tiga dimensi atawa gelap terang dalam gambarnya, maka kali ini titik-titiklah yang menggantikan “tugas” tersebut!
Bah… titik-titik! Awalnya banyak siswa yang mengeluh… macam-macam komentar beliau-beliau, ada yang pesismis, disamping banyak juga yang optimis  dan tertantang.

Yang pesimis biasanya sudah kalah duluan dengan alasan macam-macam…, lama, bosen, de el el, bayangkan me-titik-titik di selembar kertas gambar! Pada akhirnya karya mereka gak maksimal, ada juga yang gak selesai.

Yang optimis maju terus pantang menyerah… ini adalah sebuah tantangan, sebuah pengalaman baru yang menyenangkan. Mereka mau mendengarkan…, dan hasilnya lumayan bagus… ada juga yang bahkan menemukan tekniknya sendiri… pointilis secara cepat dan kilat :) Mungkin ini salah satu kompensasi dari rasa bosan:P
Apapun itu, siswa sekalian sudah mendapat pengalaman ber-pointilis-ria, toh waktu yang akan menguji ketekunan dan kepekaan mereka.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar